www.musirawasterkini.com

Lubuklinggau – Warga di kota Lubuklinggau Sumatera Selatan, menemukan Bunga bangkai yang sedang mekar sempurna disekitar kawasan objek wisata alam lereng bukit sulap di kelurahan Ulak Surung kecamatan Lubuklinggau Utara II kota Lubuklinggau, puspa unik dan terbilang jarang dijumpai ini mekar dengan diameter klopak bunga mencapai 60 centimeter pada Kamis 20 Juni 2024.

Bunga bangkai atau jenis tanaman amorphopallus paeonipolius, ditemukan oleh Dadang (41 tahun) warga setempat, saat ditemukan sedang tumbuh mekar disekitar lereng objek wisata alam bukit sulap dilokasi bagian atas semak belukar di lereng bukit sulap saat dirinya hendak melintas menuju RT 10 di kelurahan Ulak Surung kecamatan Lubuklinggau Utara II kota Lubuklinggau, dengan kondisi bunga mekar sempurna, bentuknya dan corak warna yang unik dengan aroma sedikit menyengat berwarna ungu kecoklatan yang diperkirakan baru mekar berumur satu hari.

Menurut sang penemu bunga bangkai ini Dadang menuturkan, “kondisi bunga cukup besar dengan ukuran diameter klopak bunga mencapai 60 centimeter dan tinggi mencapai 30 centimeter” ujarnya, puspa unik yang ini yang hanya bisa dijumpai pada bulan dan musim tertentu terkadang mekar dengan ukuran bunga yang cukup bervariasi.

Dengan adanya penemuan bunga bangkai ini, penemu bunga berharap masyarakat setempat dapat melindungi keberadaan bunga ini agar tetap terjaga kelestarianya. (Rls)