www.musirawasterkini.com

Lubuklinggau, – Permainan lompat karet adalah permainan tradisional bangsa Indonesia yang tersebar diseluruh daerah dan disetiap daerah itu sendiri berbeda-beda namanya ,adapulah Sebagian yang sudah dimodifikasi sesuai dengan daerahnya.

Permaianan ini biasanya dimainkan oleh banyak orang dan ditambah dengan lagu agar lebih seru ,meningkatkan semangat para pemainya .permaiana ini juga sudah dikembangakan sebagai olahraga yang diperlombakan diberbagai negara seperti indonesia dan Namanya dinganti skiping ,dan juga kalau nama permaianan yang sering dimainakan oleh anak pedesaan itu lebih tepatnya (yeye).

Permainan ini sangatlah menarik untuk dimainkan, semua kalangan bisa bermain permainan ini sebab cara bermain yang sangat mudah dipahami,Alat yang harus disiapkan itu cukuplah simple yaitu kita Cuma harus menyiapkan karet gelang kemudian kita anyam karet tersebut sampai memanjang sesuai ukuran yang kita imginkan kira kira sudah pas,kita tinggal mencari siapa yang akan ikut permainan itu lalu melakukan hompimpah terlebih dahulu siapa yg kalah menjadi pemegang karet disisi kiri maupun kanan.

Sedangkan kelompok yang menang bersiap untuk melakukan permainan yang diawali dengan melompat karet,lalu lanjut dengan yang lainya, semakin lama tingkat kesulitanya bertambah susah dan disitulah letak kesulitanya dalam bermainnya, apabila pada saat salah satu kelompok saat melompat dia menyentuh karet itu dia dianggap gagal dan gantian memegang karetnya.

Adapun manfaat bermain ini yaitu bisa meningkatkan solidaritas, kekompakan disetiap pemain dan menjalin keakraban dengan satu sama lainya, penulis juga berpendapat bahwasannya permaianan ini bisa meningkatkan sikomotorik anak, apa lagi diera game online ini kebanyakan anak bermain didalam rumah dan bermaian gedjet dan jarang bergerak melakukan interaksi dengan teman-temannya yang ada disekikar daerah rumahnya.

Itu bisa berdampak buruk terhadap perilaku anak itu yang kurang berkominikasi dan sosialisasi ,dan permainan ini tidak kalah serunya dengan game online tersebut.

Disini penulis mengajak untuk seluruh anak-anak dinegeri ini atau pun orang dewasa untuk Kembali bernostalgia lagi,kita sebagai generasi muda jangan sampai tidak tau dengan permaianan tradisional yang ada dinegeri ini, terus lestariakan sampai ke generasi berikutnya dan menjadi suatu peninggalan yang berharga. (*)